CINTA PSPS PEKANBARU

Minggu, 10 Oktober 2010

Tolak Bayar Rp 10 Juta, "Persibo Klaim Dikalahkan Wasit

Malang - Pernyataan mengejutkan terlontar dari Pelatih Persibo Bojonegoro, Sartono Anwar, menyusul kekalahan timnya atas Persema Malang. Dia menyebut kalau timnya dikalahkan wasit karena menolak membawar Rp 10 juta.

Persibo menderita kekalahan dengan skor tipis 0-1 saat menghadapi Persema Malang di Di Stadion Gajayana, Sabtu (9/10/2010) malam. Gol tunggal kemenangan Persema datang di masa injury time babak kedua melalui eksekusi penalti menyusul handball pemain bertahan Persibo.

Gol tersebut kemudian diprotes kubu Persibo lantaran terjadi di menit 94. Padahal masa injury time yang diberikan wasit sebelumnya cuma tiga menit.

Tak cuma melontarkan protes, Persibo melalui pelatihnya Sartono Anwar juga melontarkan tudingan serius yang menyebut kalau wasit sudah mengalahkan timnya lantaran tak dapat bayaran sebesar Rp 10 juta.

"(Hasil) pertandingan ini (terjadi) karena wasit kecewa pada kami, yang mana sebelumnya meminta uang sebesar 10 juta, agar kami bisa menang. Tapi kami tolak, karena itu merusak citra sepakbola di tanah air," ungkap Sartono usai pertandingan.

Mantan pelatih PSIS Semarang ini mengaku, bukan dirinya yang secara langsung dimintai uang 'pelicin' oleh wasit. Pemimpin pertandingan mengajukan permintaan tersebut pada pihak managemen klub.

"Silakan tanya managemen saya jika tidak percaya. Saya berani ngomong gini. Biar tahu semua rakyat Indonesia, bahwa wasit-wasit di Indonesia buruk," seru dia kemudian.

Sartono mengaku siap memberikan klarifikasi jika masalah ini mencuat di publik. Meski begitu secara resmi dirinya masih menunggu sikap managemen untuk membawa kasus ini ke komisi disiplin atau badan liga.

"Saya siap dipanggil siapapun, untuk klarifikasi," tegasnya.

Kekecewaan Sartono kepada wasit yang memimpin pertandingan juga dia tunjukkan saat dia meninggalkan ruang jumpa pers meski Pelatih Persema Timo Scheunemann belum diberikan kesempatan memberikan evaluasi pertandingan.

Saat pergi meninggalkan ruangan, sartono terus memaki sikap wasit yang disebutnya telah memenangkan Persema Malang dengan skor 1-0. Sebelumnya, Sartono juga mengecam sikap pemain asing yang berbuat kasar kepada pemain lokal. Menurutnya sikap itu tidak patut dipertontonkan di negeri ini.

"Kita bangsa Indonesia jangan dijajah oleh pemain asing, yang kerap memukul pemain lokal. Itu saya tidak suka," katanya dengan nada tinggi.
(dtc/din)

Tidak ada komentar: