CINTA PSPS PEKANBARU

Minggu, 30 Oktober 2011

Upin - Ipin Optimistis Pertahankan Emas

Timnas Upin - Ipin U-23 Malaysia bertekad mempertahankan emas SEA Games yang sukses direbutnya dua tahun lalu di Laos.Tampil di Indonesia dan tergabung di poolberat,Grup A,bersama tuan rumah Indonesia,Singapura,Kamboja,dan langganan juara Thailand,tetap membuat Malaysia optimistis.

Kekuatan skuad muda Upin - Ipin yang kini dilatih Ong Kim Swee semakin matang. Modal itu yang membuat Malaysia siap berjaya lagi.Pencapaian Khairul Fahmi Che Mat dkk pada Pra-Olimpiade 2012 Zona Asia menjadi bukti dari kematangan pasukan muda Upin - Ipin ini. Meski kini terpuruk di dasar klasemen Grup C di bawah Suriah,Jepang,dan Bahrain,Malaysia menjadi level timnas U-23 asal Asia Tenggara yang mampu lolos hingga kualifikasi babak ketiga ajang ini.




Kenyataan ini tentu membuat permainan Khairul dkk semakin matang dengan banyaknya pertandingan yang dihadapi mereka. Kim Swee juga tak terlalu khawatir dengan hasil drawing yang menempatkan mereka di grup yang dianggap berat itu.”Ini SEA Games, semuanya bisa saja terjadi. Kami tim yang berada satu grup pun belum mengenal secara mendalam kekuatan satu dengan yang lain.Tentu berbeda dengan persaingan dengan tim senior,”kata Kim Swee,dikutip NewStraitsTimes.

Deputi Menteri Olahraga Datuk Razali Ibrahim juga mendukung penuh optimisme Kim Swee.Pemerintah Malaysia melalui kementerian olahraga mereka mendukung penuh perjuangan timnas U-23 Upin - Ipin itu. Apalagi,sejak 2009 prestasi bagus selalu dihasilkan, setelah emas SEA Games lanjut timnas senior Malaysia merebut trofi Piala AFF 2010.

”Saya yakin kami bisa melewati babak penyisihan grup,tentu jika pelatih menerapkan strategi yang tepat.Sebagai juara bertahan,justru calon lawan kami yang harus takut jika menghadapi timnas Malaysia,”kata Razali Ibrahim. Soal Grup A yang diisi tim-tim unggulan SEA Games,Razali Ibrahim menilai tak perlu dibahas terlalu jauh.

Sebab, pembagian pool juga sudah terjadi.Kini,dia ingin skuad muda Harimau Malaya fokus pada kewajiban tanding mereka pada pesta olahraga dua tahunan ini. ”Tidak ada gunanya kami ingin menghindari tim-tim kuat.Itu hanya akan menunjukkan kelemahan Malaysia.Saya menyadari tekanan akan ada pada timnas U- 23 Malaysia lantaran berstatus juara bertahan. Tapi,kami juga harus menggunakan peluang yang ada untuk menjadi keuntungan,”lanjutnya.

Timnas U-23 Malaysia,selain bermain di Babak Ketiga Pra-Olimpiade 2012,sebelum ke Jakarta turut serta pada turnamen empat negara di Vietnam.Pada ajang bertitel VFF Cup 2011,Malaysia bermain tiga kali dengan hasil masing-masing sekali menang,imbang,dan kalah.

Malaysia menempati posisi ketiga dan kalah 1-3 dari juara timnas U-23 Uzbekistan.Lalu Khairul dkk imbang kontra tuan rumah yang juga turun dengan timnas U-23 dengan skor 1-1. Anak asuh Kim Swee menang 2-1 atas timnas U-23 Myanmar yang juga akan tampil di SEA Games 2011. ESTU SANTOSO


Tidak ada komentar: