CINTA PSPS PEKANBARU

Rabu, 08 September 2010

Hasil Verivikasi Stadion : Kandang Psm Paling PARAH

Posted: 06 Sep 2010 07:58 PM PDT

Tim verifikasi PT Liga Indonesia PT (LI) telah menyelesaikan tugas. Regulator sepak bola Indonesia tersebut telah mengecek klub-klub yang menjadi "pasien" mereka, yaitu PS Semen Padang, Persela Lamongan, Delta Putra Sidoarjo (Deltras), Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, dan Persiwa Wamena.

Kali ini PT LI memfokuskan verifikasi pada kondisi stadion. Hasilnya masih parah. Kondisi stadion tujuh klub itu beserta seluruh aspeknya rata-rata masih jauh dari harapan. Stadion Andi Mattalatta, markas PSM Makassar, misalnya. Sampai saat ini kondisinya tidak banyak berubah. Padahal, PT LI sudah berkali-kali memberikan peringatan.

"Dari serangkaian verifikasi yang kami lakukan sejak awal bulan lalu, sepertinya kondisi Stadion Andi Mattalatta yang paling tidak layak," kata Manajer Lisensi PT LI Llano Mahardika ketika dihubungi tadi malam (6/9). Dia baru saja menyelesaikan verifikasi di markas Persiwa.


Menurut dia, markas Pasukan Ramang, julukan PSM, tersebut dari tahun ke tahun nyaris tidak berubah. Bahkan, PTI LI menyimpulkan bahwa di Makassar tidak ada power klub untuk mengontrol penggunaan lapangan.

"Pihak lain sepertinya bebas menggunakannya sehingga kondisinya jauh dari standar," sambung Llano.

Lain di Makassar, lain pula di Pekanbaru. Sampai saat ini ternyata kondisi Stadion Kuansing yang digunakan sebagai homebase di musim 2010-2011 belum siap. Saluran listrik belum masuk. Akses jalan menuju stadion juga belum diaspal.

PSPS menggunakan Stadion Kuansing musim depan untuk menggantikan Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, yang direnovasi untuk menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012. Pengerjaannya dimulai akhir Juni lalu dan baru berakhir di pengujung tahun ini.

"Setelah kami tinjau, Kuansing akan bagus. Cuma masalahnya saat ini masih dalam tahap pengerjaan akhir. Serah terima dari kontraktor Oktober mendatang. Sambil terus menyelesaikan pembangunan, kami menyarankan untuk sementara mereka bisa main di Padang atau Palembang," beber Llano.

Catatan panjang juga diberikan tim verifikasi kepada klub promosi Deltras. Selain kualitas lapangan yang sudah jauh menurun, manajemen tim berjuluk The Lobster itu harus segera membenahi banyak hal. Misalnya, pemindahan lokasi musala, penyempurnaan ruang media, atau ruang ganti,

Untuk markas Semen Padang, Stadion Agus Salim, tim verifikasi menilai manajemen sudah menunjukkan komitmen tinggi untuk melakukan pembenahan. (ali/c2)

---

Hasil Verifikasi PT LI

Semen Padang

Masalah lampu yang tidak standar

Manajemen berjanji akhri bulan selesai

Persela

Menunggu penyelesaian lapangan latihan

Ruang media, fasilitas untuk media, area mixed zone sudah dibenahi

Deltras

Kualitas lapangan menurun. Frekuensi penggunaan lapangan harus dikurangi

Ruang media, ruang medis, ruang ganti pemain harus dibenahi

Kamar mandi tidak layak

Lokasi musala harus dipindah

Harus disiapkan lapangan untuk latihan

Kualitas lampu turun

Tribun media belum benar

Persiba

Kualitas lapangan menurun

Diminta tidak berlatih di dalam stadion

PSM Makassar

Kumuh luar dalam

Kualitas lapangan jauh menurun

Tribun media, mixed zone belum tertata

Pagar pembatas, area parker tidak layak

PSPS

Pengerjaan belum selesai

Listrik belum masuk

Akses jalan menuju stadion belum diaspal

Lampu parkir belum ada

Ruang ganti wasit belum siap

Persiwa

Perlu pembenahan team entrance dan area mixed zone

Perubahan ruang ganti wasit dan pembuatan integrated shower

Perlu toilet di ruang ganti wasit, menyediakan ruang medis dan perlengkapannya

Pembenahan ruang konferensi pers

Penyediaan tribun media

Tidak ada komentar: